Laman

Senin, 22 Juli 2013

seulawah inong aceh


Seulawah inong sebagai tempat wisata alam.
Gunung seulawah inong dapat didaki melalui beberapa tempat, namun yang paling familiar adalah dari taman nasional, ditempat ini juga terdapat sebuah rumah peninggalan belanda yang disebut rumah scobidoo. waktu pendakian tidak lah terlalu lama ,dapat ditempuh dalam waktu 1 ½ jam ,hal ini dikarenakan selain jarak antara pintu rimba dan puncak tidak terlalu jauh juga dikarenakan jalur atau rute yang harus dilalui sangatlah jelas,namun diharapkan teliti dan mendapatkan informasi yang akurat rute yang harus dilalui agar jangan salah mengikuti jalur pendakian dikarenakan banyaknya jalur warga pencari kayu dan berkebun.
Di Puncak seulawah inong yang sejuk dan berketinggian mdpl kita tidak bisa melihat pemandangan di luar puncak seulawah inong karena jenis hutan nya masih hutan tropis yang berpepohonan tinggi, kondisi medan di puncak sangat landai, meskipun kita mendaki dengan jumlah orang yang sangat banyak, namun jangan khawatir akan kehabisan lapak nge camp, begitupun dengan sumber airnya,terdapat sebuah penampungan air hujan yan berukuran 2besar terbuat dari plastik hitam.

Gunung seulawah inong adalah salah satu gunung yang terletak di wilayah aceh besar,meskipun tidak se populer gunung seulawah agam namun seulawah inong memiliki sejarah yang tidak boleh dilupakan oleh bangsa aceh, menurut cerita yang di dapat, seulawah inong dulunya adalah pusat latihan kaum inong aceh di masa perang melawan belanda, di seluruh wilayah ini lah kekuatan perang gerilya di lancarkan oleh para laskar wanita-wanita aceh yang gagah berani, beberapa tokoh sejarah yang tercatat menjadikan dareah pegunungan seulawah inong salah satu nya adalah pocut meurah intan.
.....
Berdasarkan cerita di atas sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk melindungi dan juga memelihara aset sejarah bangsa sebagai bentuk kepedulian terhadap sejarah masa lalu.
Adapun upaya pembuatan dan pembangunan kembali tugu seulawah inong juga merupakan salah satu dari bagian menjaga aset sejarah bangsa dikarenakan tugu ini berada di wilayah pegunungan seulawah. Fakta nyata yang ada menyatakan sangatlah sulit untuk mengetahui  apa sebenarnya tujuan pembuatan pilar- pilar di beberapa puncak gunung oleh belanda.








Teknis acara

Dikarenakan terbatasnya waktu dan jumlah anggota maka Renovasi tugu seulawah inong harus dilakukan oleh pencinta alam se aceh dengan dua tahap, yaitu:
A.             Tahap 1. (2 hari)
Dimana kegiatan lebih difokuskan untuk membawa bahan material ke puncak seulawah inong dan peletakan pondasi bangunan,
Pada tahap ini tugu tidak dapat dibangun secara utuh dikarenakan kurangnya orang untuk mengangkut material  dan alat –alat  pendukung lainnya yang sangat banyak.
B,Tahap 2 (2 hari)
Tahap ini adalah tahap akhir kegiatan renovasi ,selain membawa sejumlah sisa kebutuhan material juga dilakukan proses finishing tugu dan pemasangan .
c.pembuatan pilar seulawah inong ini dilaksanakan oleh UKM PA LH METALIK FE UNSYIAH, BEKERJA SAMA DENGAN MAPALA SELURUH ACEH.







Berikut adalah step by step galeri photo renovasi seulawah inong mulai dari pelepasan hingga selesai.


Tampak pembantu dekan III fakultas ekonomi unsyiah h.zulham dan asisten satu gubernur aceh mengahadiri Ceremonial pelepasan.

Gabungan dari beberapa mapala turut hadir dalam acara pelepasan .

Proses finishing tugu.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar